Cegukan Pada Bayi, Berbahayakah? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cegukan Pada Bayi, Berbahayakah? Bagaimana Cara Mengatasinya?



Cegukan Pada Bayi
Untuk seseorang ibu, terutama yang baru pertama kali memiliki bayi, mungkin saja anda bakal terasa cemas waktu lihat bayi anda cegukan. Sesungguhnya apa sih cegukan itu? apakah itu pemicunya? bahaya atau tak untuk bayi kita? untuk tahu jawabannya, silakan baca artikel ini hingga usai. Lantaran pada artikel ini saya bakal menuturkan perihal cegukan pada bayi.



Apa Pemicu Cegukan Pada Bayi?
Cara Menyingkirkan Cegukan Pada Bayi
Panduan Menangani Cegukan Pada Bayi

Masalah yang satu ini dapat sering buat kuatir beberapa ibu. Walau sebenarnya, “Cegukan pada bayi bukanlah adalah sinyal penyakit spesifik, ” tutur Dr. Najib Advani, Sp. A, MMed. Paed. dari Sisi Kesehatan Anak FKUI RSUPN Cipto Mangunkusumo. Menurut Dr. Najib, cegukan pada bayi dapat berlangsung lantaran ada kontraksi pada sekat rongga tubuh yang memisahkan rongga dada serta rongga perut (diafragma).

Cegukan pada bayi tidaklah suatu hal yang beresiko, tidak sama perihal dengan cegukan pada orang dewasa, lantaran mungkin saja itu yaitu tanda-tanda dari satu penyakit.

Umumnya cegukan pada bayi bakal hilang dengan sendirinya serta tidak beresiko untuk si bayi itu. bila bayi alami cegukan, kita dapat memberikannya air hangat. Tidak sama lagi bila bayinya telah agak besar, berikanlah gula pasir tanpa ada dicairkan sejumlah satu sendok teh. Tetapi bila cegukan pada bayi masih tetap berlanjutnya dalam skala yg tidak normal, selekasnya bawa ke dokter, anjur Dr. Najib. Meskipun tak beresiko, bila cegukan pada bayi berjalan lama, bisa mengganggu bayi tersebut, umpamanya bayi jadi rewel sampai tidak ingin makan kan bahaya dapat mengakibatkan bayi itu sakit. Karenanya bawalah ke dokter, untuk tahu bagaimanakah pemecahannya. Umumnya dokter bakal memberi obat untuk kurangi kontrasi, supaya cegukan bisa berhenti.

Bagaimanakah Cara Menyingkirkan Cegukan Pada Bayi?
seperti yang telah disebutkan di atas, ibu tak perlu cemas waktu bayi anda alami cegukan, lantaran cegukan pada bayi tidaklah adalah suatu hal yang beresiko. Ibu bisa lakukan beberapa hal di bawah ini untuk menyembuhkan cegukan pada bayi :

1. Bila bayi cegukan waktu menyusui
bila bayi alami cegukan waktu menyusu, anda bisa mengubah posisi menyusui. Lalu selalu susui sampai cegukannya betul-betul hilang.

2. Cermati bayi anda
Cobalah cermati bayi anda, apakah bayi anda menyusu ia dalam situasi tenang atau terlampau semangat, sampai pada akhirnya hawa masuk ke diafragma.

3. Cermati posisi menyusui
Bayi cegukan dapat berlangsung lantaran posisi menyusui yang kurang pas/kurang nyaman untuk bayi. Posisi menyusui yang benar yaitu puting serta areola masuk ke mulut bayi, bayi ada dalam garis lurus dengan lengan bayi, dan perut bayi bertemu dengan perut ibu.

4. Sandarkan Bayi
bayi anda masih tetap belum berhenti cegukan? Sandarkan bayi tegak menghadap Anda dengan kepala di bahu Anda, lantas tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut, seperti saat Anda menyendawakannya. Aksi ini dapat mendorong hawa ke atas serta hentikan cegukan. Kerjakan sampai cegukan betul-betul berhenti kemudian, susui dia kembali.

5. Teliti Type Botol Dot
Apakah bayi anda minum dari botol dot? Apabila bayi minum dari botol, cermati apakah botolnya mempunyai regulator serta lubang pada dot bayi. Pastikan botol dengan lubang dot yang lebih kecil supaya bayi dapat mengatur ritme menyedot susu hingga tak cegukan.

6. Berikanlah makanan pendamping asi dengan cara perlahan
Bila bayi anda telah memperoleh makanan pendamping ASI, berikanlah makanan dalam jumlah sedikit untuk sedikit serta perlahan. supaya tak tersendat.

Nah tersebut sedikit info perihal cegukan pada bayi yang semoga bisa memberi wawasan serta faedah untuk kita seluruhnya, terutama untuk ibu-ibu yang baru pertamakalinya mempunyai seseorang bayi dalam mengatasi permasalahan pada bari, seperti bayi yang kerap cegukan.

Baca juga sebagian artikel keren berikut ini :

3 Panduan Cara Meninggikan Tubuh Dengan cara Alami serta Cepat
Diet OCD : Makanan Yang Pas Waktu Lakukan Diet OCD
12 Panduan Cara Menangani Flu atau Pilek Dengan cara Alami
Video Tutorial Cara Menggunakan Hijab Modern Teranyar serta Terlengkap 2013
5 Panduan Cara Menangani Rambut Rontok Dengan cara Alami serta Tradisional
Cara Menangani Rasa Ngantuk Waktu Bekerja serta Belajar
Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak serta Batuk Kering Dengan cara Alami dengan Ramuan Herbal
Pemicu serta Cara Menyembuhkan Batuk Dengan cara Alami dengan Ramuan Herbal
BPOM : Bahaya Tas Plastik Hitam untuk Daging Kurban
13 Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Dengan cara Cepat Tanpa ada Obat
10 Cara Mempertebal Rambut Tidak tebal Disebabkan Rambut Rontok Dengan cara Alami

0 Response to "Cegukan Pada Bayi, Berbahayakah? Bagaimana Cara Mengatasinya?"

Posting Komentar

wdcfawqafwef